13 November 2014

Tulisan Etika Bisnis - 2


MENJAUHI LARANGAN ALLAH

Ketahuilah, bahwa dalam agama Ialam itu terdapat dua bagian:
Pertama            : Meninggalkan Larangan
Kedua  : mengerjakan ketaatan/perintah

Meninggalkan larangan itu lebih berat daripada mengerjakan ketaatan atau perintah, karena menjalankan ketaatan dapat dikerjakan oleh setiap orang, sedangkan meninggalkan larangan, seperti meninggalkan kesenangan itu tidak dapat dikerjakan jecuali oleh orang-orang yang sungguh-sungguh beriman. Karena itu Rasulullah SAW bersabda:
“Orang yang berhijrah ialah orang yang meninggalkan kejelekan, dan yang dinamakan pejuang ialah orang yang memerangi hawa nafsunya”
  
  •  MENJAUHI LARANGAN SECARA LAHIRIYYAH
Sesungguhnya engkau apabila berbuat maksiat, tentu menggunakan anggota tubuhmu yang sebenarnya anggota tubuhmu itu merupakan nikmat Allah yang dianugerahkan kepadamu dan merupakan amanat Allah kepadamu. Ketika engkau menggunakan anggota tubuhmu untuk melakukan kemaksiatan berarti engkau menyalahgunakan nikmat. Rasulullah SAW bersabda:
“Kamu semua adalah pemimpin dan kamu semua akan dimintai pertanggungjawaban tentang yang engkau pimpin”
Ketahuilah sesungguhnya semua anggota tubuhmu akan memberi kesaksian atas segala perbuatan di padang mahsyar pada hari kiamat, dengan tutur kata yang jelas, membeberkan semua rahasiamu dihadapan orang banyak, Allah SWT berfirman:
“pada hari itu(hari kiamat), akan memberi kesaksian lisa, tangan dan kaki mereka terhadap apa yang telah mereka kerjakan”

a.    Menjaga Mata
Peliharalah matamu itu dari empat perkara”
1.      Melihat perempuan yang bukan muhrim
2.      Melihat gambar-gambar yang merangsang nafsu
3.      Melihat orang islam lain dengan pandangan meremehkan
4.      Melihat cacat atau kekurangan orang islam lain.

b.   Menjaga telinga
Hendaklah engkau menjaga telinga, jangan engkau gunakan mendengar perkara bid’ah, perkataan yang membahas orang lain yang negative, perkataan jelek, perbincangan kebatilan atau mendengar bahasan tentang kejelekan-kejelekan orang lain.
Apabila engkau menggunakan telingamu untuk mendengar hal yang tidak baik, maka barang atau sesuatu yang sebenarnya dapat menguntungkan engkau berbalik menjadi sesuatu yang membawa mudzorot untukmu, dan telinga yang sebenarnya dapat menyebabkan engkau bahagia, berubah menjadi sebab engkau celaka.

c.    Menjaga lisan
Jagalah lisan mu dari delapan perkara, yaitu:
1.      Bohong / Dusta
2.      Mengingkari Janji
3.      Membahas kejelekan orang lain
4.      Bertengkar, berdebat atau membantah ucapan orang lain
5.      Menganggap baik diri sendiri
6.      Melaknat
7.      Mendoakan  jelek terhadap makhluk
8.      Bergurau dan mengejek orang.

d.   Menjaga kedua tangan
Jagalah kedua tanganmu dari tindakan memukul orang, mengambil harta yang haram, menyakiti sesama makhluk Allah, mengganggu barang amanat atau titipan atau menulis kata-kata yang tidak boleh diucapkan sebab pena adalah salah satu dari dua lisan. Oleh karena itu, hendaklah menjaga tangan jangan sampai menulis sesuatu tang tidak boleh diucapkan.

e.    Menjaga kedua kaki

f.     Menjaga Perut

Tidak ada komentar:

Posting Komentar